Breaking

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm - apa kabar sahabat Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Terbaru Terlengkap - OTOPRICEINDO, Artikel yang anda baca kali ini dengan judul yaitu Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Helmet, semoga artikel yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan baik. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm
link : Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm

Baca juga


Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm

Helm merupakan perlengkapan wajib bagi pengendara motor karena berfungsi melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan.

Mengenal kelebihan dan kekurangan jenis jenis helm
Tak hanya melindungi kepala dari kemungkinan benturan yang akan terjadi, helm juga menjaga pandangan dari berbagai gangguan saat mengendarai kendaraan bermotor.

Melihat kebutuhan tersebut, produsen helm memproduksi berbagai jenis dan tipe sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengendara motor. Dari berbagai jenis helm yang diproduksi, ada kelebihan dan kekurang dari jenis-jenis helm tersebut. Karena itulah, yuk sobat bikers mari kita mengenal kelebihan dan kekurangan jenis-jenis helm tersebut.


Saat ini terdapat beragam jenis helm yang bisa dimiliki. Pada artikel ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan 4 jenis helm yang sering digunakan dijalan raya dari beragam jenis helm yang diproduksi.

1. Helm Full Face


Jenis ini adalah helm yang melindungi seluruh bagian kepala. Model ini juga digunakan dalam ajang balap sepeda motor MotoGP.

Dari segi tampilan helm ini sangat cocok untuk pengendara sepeda motor jarak jauh karena sangat aman dan nyaman.

Helm full face adalah pilihan terbaik untuk berkendara sepeda motor, karena pengendara dengan helm terbuka maupun yang tidak menggunakan helm sama sekali, cenderung menderita cedera wajah dan kepala yang lebih parah.

Kelebihan
Selain kepala, helm full face juga meningkatkan keamanan bagi leher sobat.
Akan menjaga kepala sobat terhindar dari air hujan di musim hujan.
Desainnya yang sporty dapat meningkatkan penampilan bermotor sobat terutama bagi pria.
Kelebihan yang tentu saja paling penting bagi sobat adalah keamanan lebih terjamin dan terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Helm full face juga sangat penting menjaga wajah dari polusi udara, debu, asap, kerikil atau benda kecil yang tiba-tiba datang dari arah depan sobat.
Kekurangan
Harga relatif lebih mahal dibanding jenis lain.
Sulit mendengar suara di sekeliling.
Dapat Mengakibatkan Pusing Jika Terlalu Lama Memakainya.
Bagi pengguna kacamata, helm jenis ini sangat tidak nyaman digunakan.
Sobat akan merasa sangat kepanasan di musim kemarau atau musim panas.
Kaca akan menguap di musim dingin, saat sedang hujan deras, atau dalam cuaca berkabut.
Kalau ingin bersin atau batuk, harus siap membuka kaca dulu. Kalau tidak, sobat harus siap menahan bau dari bersin dan batuk sobat sendiri.
Selain harganya yang mahal, kalo badan kamu kurus, memakai helm ini akan membuatmu terlihat seperti alien kurang asupan.

Bila sobat baru akan membeli helm full face, pastikan helm yang dibeli memiliki ventilasi dan bisa bekerja dengan baik. Sobat tentu tidak mau kepanasan bukan?

2. Helm Motocross


Sesuai namanya, helm motocross merupakan pelindung kepala yang banyak digunakan pengendara moto trail. Meski demikian, beberapa tahun belakangan, helm ini cukup populer untuk digunakan jenis motor lainnya.

Memiliki karakteristik seperti full-face. Hanya saja helm full face memiliki visor, sedangkan helm motocross tidak. Fungsi visor sebagai pelindung mata pada helm motocross digantikan oleh kacamata goggle. Didesain dengan sangat aman, bagian depannya dibuat lebih panjang.

Kelebihan
Lega untuk bernafas.
Perlindungan yang lebih maksimal dan optimal.
Lebih enak buat dipake terabas dan off road.
Ada tambahan semacam topi di depan agar cahaya matahari tidak masuk saat motor dipake di medan offroad, naik-naik tanjakan dll.
Terlihat keren kalo dipake, hampir kebanyakan orang nengok nih melihat helm cross.
Kekurangan
Lebih sempit jika dibanding helm full face.
Suaranya berisik karena adanya turbulensi udara di bagian helm kalo dipake ngebut.
Tidak pake kaca visor, harus pakai goggle, kalau hujan bagian yang gak tertutup goggle bakal sakit diterjang air dari depan.
Tidak bisa dipake buat bikers yang suka ngebut, karena memang bukan helm balap sehingga desain aerodinamis tidak begitu diperhatikan. Kalaupun ngebut bagian topinya bakal nahan angin dan kepala ketarik kebelakang.

3. Helm Half Face


Helm jenis half-face atau open face merupakan pelindung kepala yang banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor di Indonesia.

Helm tipe ini dibutuhkan untuk riding dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan saat kondisi cuaca bagus. Contohnya, untuk aktivitas kerja sehari-hari atau perjalanan dalam kota.
Dari segi tampilan helm ini juga tak kalah keren dari jenis full-face. Dari sisi harga, helm ini juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis full face.

Kelebihan
Helm half face lebih praktis jika digunakan untuk perjalanan jarak dekat.
Mampu melindungi bagian kepala, muka, leher, telinga dan mata.
Helm jenis ini berada pada posisi ketiga helm yang cukup aman.
Dengan kaca pelindung yang mudah dibuka-tutup, pemakai bisa dengan mudah makan, minum, memotret atau merokok sekalipun.
Kaca pelindungnya juga bisa berfungsi untuk melindungi diri dari hujan, debu dan angin.
Kekurangan
Kurang memberikan perlindungan terhadap muka, dagu, gigi dan hidung.
Karena desainnya semi terbuka, maka akan menimbulkan efek dengung di telingan pemakainya.
Tidak disarankan untuk perjalanan jauh. Karena apabila sobat bikers melakukan perjalanan jauh seperti touring atau mudik keluar kota, disarankan untuk memakai helm full face.

4. Helm Bogo


Helm bogo ini memang sedang naik daun. Tren helm bogo ini bisa dibilang buntut dari ramainya skena motor custom di Indonesia yang umumnya bergaya klasik.

Tentu saja helm model ini “pasti pas” bila digunakan oleh para pehobi motor custom tersebut.

Kelebihan
Memberikan kesan klasik.
Terdapat beberapa pilihan warna membuat helm ini menjadi salah satu daya tarik dari helm ini.
Helm ini dijual cukup terjangkau. Meski murah, kualitas desainnya tetap istimewa dengan ciri khas klasik.
Bobot helm bogo juga ringan, sehingga tidak membebani kepala.
Sudah mendapatkan lisensi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang membuktikan bahwa helm ini telah memenuhi standar keamanan dan kenyamanan saat dipakai berkendara.

Untuk kekurangannya sama saja seperti helm half face di atas, namun ada tambahan lain yaitu,
Komponen kulit yang terlalu tipis.
Itulah kelebihan dan kekurangan beberapa jenis helm. Pilihlah helm yang pas dengan sobat dan sesuai dengan kebutuhan dan biaya masing-masing sobat bikers, akan tidak matching terlihat bila helm yang digunakan kurang pas.

Apapun jenis helm yang sobat gunakan, pastikan helm tersebut memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku saat ini sehingga aman, nyaman dan tentunya terjamin melindungi kepala sobat bikers. Keep safety riding.



Demikianlah artikel Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm

Sekianlah artikel saya tentang Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua jika bermanfaat silahkan sharing arikel ini ke teman atau kerabat anda ke media sosial seperti facebook, twiter, dan lainnya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Helm dengan alamat link https://otopriceindo.blogspot.com/2019/09/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-jenis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar