Breaking

8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima

8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima - apa kabar sahabat Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Terbaru Terlengkap - OTOPRICEINDO, Artikel yang anda baca kali ini dengan judul yaitu 8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Mx King, Artikel Tutorial Otomotif, semoga artikel yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan baik. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima
link : 8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima

Baca juga


8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima

8 cara merawat mesin mx king agar tetap prima
Motor saat ini menjadi salah satu kebutuhan vital bagi semua kalangan. Tingkat mobilisasi yang tinggi membuat masyarakat membutuhkan tunggangan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun, kebutuhan akan motor tentu sebanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan. Bahkan, jika dijumlah, biaya perawatan sebuah motor jika ditotal akan lebih besar dibandingkan harga jual motor itu sendiri.

Yamaha MX King sendiri merupakan salah satu produk Yamaha yang populer bagi masyarakat Indonesia. Design nya yang stylish dan kecepatannya yang mumpuni membuatnya banyak dipilih.

Sangat disayangkan bila motor ini jarang dirawat. Nah, untuk sobat yang memiliki Yamaha MX King, saya bagikan 8 cara merawat motor Yamaha MX King agar tetap prima berikut ini.

1. Cek Oli Mesin


Motor bertenaga 4 tak ini harus sering-sering dicek olinya. Jika sudah menempuh jarak kurang lebih 2.000 km, hendaknya diganti.

Mesin empat tak memang lebih harus diperhatikan daripada 2 tak karena hampir semua komponen mesin terendam oli. Jika oli sudah terlalu cair apalagi berkurang, maka mesin akan cepat aus.

2. Cek Busi


Tanpa adanya busi, motor Yamaha MX King sobat tidak akan bisa menyala. Cek kepala busi. Jika sudah berkarat atau berwarna cokelat, cobalah bersihkan dengan amplas yang halus.

Jika sudah tidak layak pakai atau setelah menampuh jarak 12.000 km ganti busi dengan yang baru. Cek juga kabel yang menyalurkan arus listrik menuju busi. Jika sudah terasa kaku atau retak-retak, gantilah dengan yang baru.

3. Service Injektor 


Servis injektor tidak termasuk ke dalam servis berkala, sehingga perlu servis secara terpisah. Injektor sendiri punya fungsi sangat vital sebagai penyuplai bahan bakar ke ruang bakar.

Maka dari itu, bahan bakar yang disuplai harus murni dan bersih, agar proses pembakaran maksimal.

Servis injektor disarankan dilakukan setiap kelipatan 10.000 km sekali, itu servis khusus untuk pembersihan injektor saja. Kalau sampai injektor kotor atau mampet, bisa menyebabkan banyak masalah di motor yang berimbas pada mesin.

Biasanya masalah tersebut adalah, motor yang mengalami akselerasi awal berat, brebet, bahkan sampai mogok, itu ada indikasi bahwa injektornya kotor atau mampet. Walaupun sudah memakai bensin nilai oktan tinggi, perawatan injektor tetap wajib dilakukan.

Servis injektor sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi pakai metode infus, dengan cara menyuntikkan langsung cairan pembersih MTR ke selang bensin.


Atau bisa juga dilakukan sendiri dengan cara mencampur cairan carbon cleaner dengan bahan bakar. 75 ml carbon cleaner untuk 3,5 sampai 5 liter bensin.

4. Periksa Rantai Motor dan Girnya


Pastikan rantai tidak terlalu kencang atau terlalu kendor demi keselamatan dan kenyamanan sobat. bersihkan dan basahi rantai motor dengan oli agar perputarannya lancar dan mencegah keausan. Periksa pula bagian gear.

Jika sudah aus, gantilah dengan yang baru karena jika tidak rantai akan mudah lepas sirkuit. Jika sobat mengganti gear itu artinya rantai juga ikut diganti. Pergantian rantai dan gear sendiri dilakukan apabila telah memakan jarak 25.000 km hingga 35.000 km.

5. Periksa Kampas Rem


Setelah mencopot bagian gear, sobat dapat sekalian memeriksa bagian kampas rem. Jika sudah menipis sebaiknya diganti agar pengereman tidak bermasalah. Rem merupakan bagian yang sangat penting.

6. Panaskan Mesin Motor


Sebelum sobat berkendara, panaskan dahulu motor selama 1 hingga 2 menit. Jangan terlalu lama karena pipa knalpot akan menjadi kuning.

Pemanasan dilakukan agar oli melapisi semua bagian mesin sehingga lancar ketika dinaiki. Sebaiknya gunakanlah kick starter bila memanaskan mesin motor.

7. Periksa Ban


Cek tekanan angin sebelum Anda tancap gas. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kempes. Cek juga kondisi fisik ban. Ganti jika sudah terlalu tipis atau botak. Kondisi ban juga mempengaruhi pengereman.


8. Gunakan Selalu Spare Part Asli Yamaha


Jika ingin motor tetap awet, sobat baiknya menggunakan suku cadang asli dari Yamaha.

Memang, harganya sedikit lebih mahal tetapi suku cadang memberi jaminan pada performa mesin.

Demikian 8 cara merawat motor Yamaha MX King. Semoga bermanfaat.

Referensi :
  • gridoto.com
  • yamaha-megautama.com




Demikianlah artikel 8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima

Sekianlah artikel saya tentang 8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua jika bermanfaat silahkan sharing arikel ini ke teman atau kerabat anda ke media sosial seperti facebook, twiter, dan lainnya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel 8 Cara Merawat Motor MX King Agar Tetap Prima dengan alamat link https://otopriceindo.blogspot.com/2019/06/8-cara-merawat-motor-mx-king-agar-tetap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar