Breaking

Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King - apa kabar sahabat Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Terbaru Terlengkap - OTOPRICEINDO, Artikel yang anda baca kali ini dengan judul yaitu Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Mx King, Artikel Tips dan Trik Motor, semoga artikel yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan baik. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King
link : Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Baca juga


Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Motor Yamaha MX King sobat mengeluarkan kode 96? Kalian gak perlu panik, cari tahu permasalahannya dulu. Karena penyebab kode 96 pada Motor Yamaha MX King ini bisa kalian ketahui disini, berikut penjelasanya.


Penjelasan


Penjelasan dan solusi kode 96 pada mx king
Hampir semua motor sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi atau fuel injection (FI), termasuk juga MX King. Untuk mendukung sistem injeksi, motor akan dilengkapi berbagai macam sensor, seperti Crankshaft position sensor (CPS), Throttle Position Sensor (TPS) dan masih banyak yang lainnya.


Setiap sensor, akan melaporkan kinerjanya dan menerima perintah dari Electronic Control Unit (ECU) sebagai otak utama sistem injeksi. Bila sensor mengalami gangguan atau malfunction, sensor akan memberikan kode error ke ECU dan akan terbaca di speedometer.

Karena sensor mengalami gangguan Yamaha MX King saya mengeluarkan kode 96. Kode 96 ini, menandakan kalau Power Supply ke motor hilang, biasanya diakibatkan aki short bukan aki soak.

Penjelasan dan solusi kode 96 pada mx king
Kode 96 pada MX King

Penyebab & Solusi


Menurut pengalaman saya yang juga mengalami masalah kode 96 tersebut yaitu penyebabnya adalah motor tidak dipakai dalam waktu lama, modifikasi lampu motor dan yang paling sering biasanya aki sudah mulai habis.

Untuk solusinya saya sarankan saat menyalakan motor lalu muncul kode 96, jangan gunakan Electric Starter gunakanlah Kick Starter, biarkan beberapa menit supaya aliran listrik dari aki dapat bekerja secara menyeluruh dan apabila motor jarang digunakan, panaskan mesin setiap pagi menggunakan Kick Starter juga, dan sebaliknya bila sering di gunakan.

Ingat, jangan gunakan Electric Starter dulu. Untuk lebih jelas nya kenapa? silakan baca juga di bawah ini.


Lalu yang kedua lakukanlah modifikasi lampu motor yang sesuai. Misalnya, jika sobat ingin menambahkan lampu yang cahayanya terang, maka muatan aliran listrik pun harus juga disesuaikan. Jadi semua harus seimbang antara yang masuk dan yang dikeluarkan.

Cobalah solusi poin-poin diatas selama satu bulan untuk menghindari dan mencegah masalah tersebut. Namun bila motor sudah sulit untuk dihidupkan dan bila masalah masih terus berlanjut, lebih baik gantilah aki yang baru.

Sudah tidak memungkinkan atau percuma bila aki diservice atau dicharge. Karena waktu itu brother saya juga sempat mengalami kode 96 tersebut dan men-charge aki nya tapi percuma saja. Tipe aki MX king sendiri yaitu aki tipe kering, saran saya belilah aki yang mirip seperti bawaan MX King.

Kode Kerusan MX King


Untuk mengetahui lebih lanjut kode-kode kerusakan seperti di atas, berikut tabel daftar kode kerusakan pada motor Yamaha MX King.

Kode Kerusakan
12 Sinyal tidak normal diterima Crackshaft Position Sensor
13 Terdeteksi terlepasnya atau terjadi konslet di Intake Air Pressure
14 Kerusakan sistem udara, tekanan tidak normal diterima Intake Air Pressure
15 Terdeteksi terlepasnya atau terjadi konslet di Throtle Position Sensor (TPS)
16 Throtle Position Sensor (TPS) tersangkut
21 Terdeteksi terlepasnya socket atau terjadinya konslet di Coolant Temperatur Sensor
22 Terdeteksi terlepasnya socket atau terjadinya konslet pada Intake Air Temperatur Sensor
24 Sinyal yang diterima O2 Sensor tidak normal
30 Lean Angle Sensor, motor terjatuh
39 Terdeteksi lepas atau terjadi konslet di Injector
41 Terjadinya konslet atau lepasnya Lean Angle Sensor
42 Sinyal Speed Sensor tidak normal
44 Kerusakan pada EEPROM
46 Pengisian setrum Aki tidak normal, kiprok bermasalah
50 Memori ECU rusak
96 Power Supply ke motor hilang, biasanya diakibatkan aki short bukan aki soak
Er_1 Tidak ada sinyal dari ECU (mungkin speedometer atau ECU yang rusak)
Er_2 Tidak ada respon dari ECU (tidak ada sinyal yang diterima lebih dari satu durasi yang ditentukan)
Er_3 Sinyal error dari ECU (jarang terjadi)
Er_4 Sinyal tidak dikenal dari ECU (jarang terjadi)

Sekali lagi, bila motor MX King sobat masih terus-menerus mengeluarkan kode 96 tadi, setelah mencoba solusi poin satu dan dua selama kurang lebih 1 bulan? Saran saya lebih baik aki nya diganti atau ke bengkel resmi Yamaha ditempat anda tinggal. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Karena di bengkel resmi, mereka sudah paham untuk memperbaiki motor yang muncul kode-kode kerusakan tersebut.

Jika ada pertanyaan tentang masalah tersebut, silakan gunakan komentar dibawah. Mungkin saya bisa sedikit membantu tentang masalah tersebut. Semoga bermanfaat. Keep safety riding, salam satu tapi banyak.



Demikianlah artikel Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Sekianlah artikel saya tentang Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua jika bermanfaat silahkan sharing arikel ini ke teman atau kerabat anda ke media sosial seperti facebook, twiter, dan lainnya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King dengan alamat link https://otopriceindo.blogspot.com/2019/06/penjelasan-dan-solusi-kode-96-pada-mx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar