Breaking

Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter

Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter - apa kabar sahabat Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Terbaru Terlengkap - OTOPRICEINDO, Artikel yang anda baca kali ini dengan judul yaitu Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan sangat baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips dan Trik Motor, semoga artikel yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan baik. baiklah, selamat membaca.

Judul : Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter
link : Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter

Baca juga


Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter

Sepeda motor masa kini pada umumnya sudah dilengkapi dengan "electric starter". Keberadaan fitur yang satu ini membuat pengendara hampir melupakan keberadaan kick starter, khususnya pengendara motor matik.

Penggunaan electric starter memang lebih ringkas. Karena pengendara hanya perlu menekan sebuah tombol di bawah handle gas.

Akibat jika malas gunakan kick starter
Berbeda dengan kick starter yang mengharuskan pengendara menghidupkan motor dengan kaki. Apalagi, bila dibanding motor bebek dan sport, penggunaan kick starter pada motor matik memang terkesan lebih ribet.


Pasalnya pengendara harus turun dari motor sambil memfungsikan standar tengah. Hal inilah yang dianggap membuat pengendara matik cenderung melupakan keberadaan kick starter. Seperti yang diutarakan Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok Memet Saputra.

Menurut Memet, pengendara matik atau lainnya, sebaiknya tetap sesekali menggunakan kick starter. Sebab jika tidak, ada potensi kerusakan pada motor. Memet menuturkan, beberapa waktu lalu ada seorang pengendara Honda Beat yang datang ke bengkelnya.

Motor tersebut dalam kondisi mesin jebol. Dari keterangan pengendara, Memet menyebut jebolnya mesin berawal saat aki motor tersebut habis. Kondisi ini menyebabkan pengendara tidak bisa menggunakan electric starter.

Dia pun mencoba tetap menghidupkan motornya dengan kick starter. Di sinilah masalah bermula, akibatnya blok mesin motor tersebut jebol.

Memet menyebut blok mesin yang sudah jebol tersebut sebenarnya sudah harus diganti. Namun karena pengendara enggan menunggu lamanya proses pengerjaan serta pengurusan izin, maka bengkel mengambil opsi memperbaiki dengan cara dilas.

Pengurusan izin yang dimaksudkan adalah pelaporan ke kepolisian. Karena setiap kendaraan yang diganti mesinnya harus dilaporkan ke polisi. Nantinya polisi akan mengecek guna memastikan kendaraan tersebut bukan hasil tindak kejahatan.

Karena fatalnya kerusakan seperti yang pernah ditemuinya itu, Memet menyarankan agar pengguna motor tidak melupakan keberadaan kick starter disertai standar tengahnya.


Idealnya kick starter dan standar tengah motor matik difungsikan saat pagi hari, demikian juga pengguna motor lain, Sebab untuk menjaga awetnya masa pakai aki, motor sebaiknya tidak dihidupkan dengan electric starter jika selama beberapa jam mesin tak digunakan.

"Saran dari AHM (Astra Honda Motor) juga seperti itu. Motor jenis apapun kalau mesin lagi dingin, sebaiknya dihidupkan dengan kick starter. Kalau di motor matik otomatis harus pakai standar tengah," pungkas Memet.

Referensi : https://otomotif.kompas.com/read/2018/02/18/103824415/begini-akibatnya-jika-malas-gunakan-kick-starter




Demikianlah artikel Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter

Sekianlah artikel saya tentang Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua jika bermanfaat silahkan sharing arikel ini ke teman atau kerabat anda ke media sosial seperti facebook, twiter, dan lainnya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Akibat Jika Malas Gunakan Kick Starter dengan alamat link https://otopriceindo.blogspot.com/2019/06/akibat-jika-malas-gunakan-kick-starter.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar